09.57

Memanggil DLL VC++ dengan Powerbuilder

A. Overview :
Dynamic link library (Dynamic-Link Library), disebut sebagai DLL, sebuah program berbasis Windows yang dirancang untuk komponen yang sangat penting. Dengan menggunakan DLL mempunyai banyak keuntungan: 


1. Penggunaan DLL tidak untuk menyalin Program tersebut, Melainkan sebagai Fungsi Entry Point dan    Interface. Apabila ada beberapa Program memanggil DLL yang sama system hanya perlu me-reload ulang DLL tersebut dimemori
2. DLL adalah sebuah program berbasis modul-modul Windows, yang tidak hanya berisi kode executable, tetapi juga dapat berisi data, berbagai sumber daya untuk memperluas penggunaan file-file library.
3. Fungsi Utama dari DLL adalah untuk mengurangi Duplikat penggunaan fungsi sehingga akan megurangi beban kerja dan sekaligus meningkatkan kinerja akses.
4. DLL memperkaya PowerScript dalam kemampuan bahasa pemrograman, Sebagai contoh: pengguna dapat menulis sistem pemrosesan gambar untuk mencari file dan disimpan dalam database, aplikasi harus menggunakan browser, tetapi dengan bahasa PowerScript tidak menyediakan fungsi untuk melakukan pekerjaan semacam itu, dalam rangka untuk memanipulasi perangkat, perlu untuk berkomunikasi dengan perangkat itu sendiri, lingkungan, lingkungan ini umumnya disediakan oleh produsen dynamic link library.
5. DLL bersifat Independen sehingga dalam lingkungan windows dimungkinkannya sebuah program memanggil fungsi DLL.

Contoh berikut menggunakan DLL untuk koneksi melalui program PowerBuilder dan VC + +.

B. Buat DLL dengan VC++ 
VC ++ 5,0 menggunakan MFC AppWizard dapat secara otomatis hasilkan Win32 DLL dan AppWizard MFC DLL, dimulai setelah VC, dari File | New item menu, pilih kotak NEW dialog , di Proyek tab, pilih  NEW PROJECT untuk MFC AppWizard (dll), masukkan PROJECT NAME pbdll, klik tombol OK, pop-up dialog box , pilih jenis DLL: Reguler DLL menggunakan MFC DLL Share, dan kemudian klik tombol Finish. AppWizard akan secara otomatis membuat sebuah DLL yang mengandung unsur-unsur dasar dari kerangka kerja, dan kemudian kita tinggal menambahkan kode secara manual.  
 
Buka file pbdll.cpp, tambahkan fungsi berikut:

extern "C" _declspec ( dllexport )
int PASCAL out_num(int x)
{
int y;
char msg[30];
y=x > >2;
sprintf(msg, "Hasil%o ! ", y);
::MessageBox(NULL, msg, "Pesan", MB_OK);
return 0;
}


 Pernyataan di atas fungsi out_num (), masukan parameter untuk nomor integer, untuk menggeser operasi, hasil perhitungan dengan kotak dialog akan ditampilkan. Kemudian buka file pbdll.def, masukkan fungsi dalam pernyataan EKSPOR out_num, file berbunyi sebagai berikut:

LIBRARY "pbdll"
DESCRIPTION pbdll Windows Dynamic Link Library 


EXPORTS
; Explicit exports can go here

out_num @ 1 

Terakhir dikompilasi dynamic link library tersebut sehingga menghasilkan pbdll.dll. 

C. Buat program PB untuk Memanggil DLL pbdll.dll
Dalam PowerBuilder untuk memanggil fungsi out_num () kode adalah sebagai berikut:

Function int out_num ( int irow ) LIBRARY "pbdll.dll"

int irow,retcode
irow=dw_1.rowcount()
retcode=out_num(irow)

Silahkan mencoba. 
Sumber asli :http://www.goalercn.com/article/article.php?id=2974

0 komentar:

Posting Komentar